Langsung ke konten utama

Partner Bisnis

Saya pertama kali mendapatkan partner bisnis itu kalau gak akhir tahun 2014 ya awal 2015, agak lupa saya. Saya mendirikan bisnis utama yg sekarang ini di tahun 2014. Saat itu saya lupa sudah kepikiran untuk cari partner bisnis yg bisa bantu saya mengatasi sifat moody saya atau belum. Saat itu saya butuhnya pemodal. Dapet sih, tapi teman saya yang ini agak ribet dan belum go online. Jadi ya agak susah juga setelah dijalani, apalagi setelah teman saya pindah ngontrak nun jauh dari rumah saya. Dulu ngekost lumayan dekat dari rumah saya. Akhirnya kerjasama kami hanya sampai tahun 2015.

Akhir tahun 2015 saya berpartner dengan teman saya, bukan pemodal. Tapi ikut ngerjain rutinitas bisnis. Kerjasama kami hanya sampai tahun 2016 kalau tidak salah, karena sistemnya jauh dari kata siap. Awal tahun saya sempat menghubungi seorang mbak2 senior saya dulu waktu SMA, baru mau ngajakin ketemuan karena saya mau nawarin kerjasama partnership eh langsung ditolak mentah-mentah. Susah partneran bisnis tu katanya, yasudah :).

Februari 2016 saya sempat berpartner dengan salah satu teman terbaik saya. Sebagai pemodal juga harapannya ikut menjalankan bisnis. Tapi akhirnya hanya jadi pemodal dan tidak ikut menjalankan bisnis karena sistemnya belum siap dan saya masih moody parah. Kerjasama kami hanya bertahan satu bulan karena teman saya juga belum bekerja dan beasiswanya belum cair.

Maret 2016 saya kembali mendapatkan partner pemodal, pemodal saja karena dia keberatan kalau ikut sibuk ngurusin bisnis. April 2016 ada teman yang bersedia jadi partner untuk ikut menjalankan bisnis. Tapi malah gak mulai-mulai sampai akhirnya tahun 2017 saya putuskan gak jadi aja. Orangnya kebanyakan syarat buat mulai, hitungan banget juga, tidak mau asal mulai dulu, yang penting mulai dulu. Saya kenal teman saya ini juga karena dia teman mbak saya sih, lebih tua dari mbak saya malah, jadi ya susah. Ndongak mulu, susah nunduk.

2017 saya juga berhenti bekerja sama dengan teman pemodal yg sudah bekerja sama sejak Maret 2016, karena kakak ini hamil anak kedua dan setiap bulan rutin keluar kota. Kalau sudah keluar kota susah dihubungi. Semester kedua tahun 2017 ada teman yang mau saya ajak partneran, tapi saya malah tidak kunjung menyiapkan sistemnya. Sampai beberapa hari sebelum dia berangkat otw ke dekat kutub utara sana (Oktober 2017), sistem yg saya buat masih belum siap. Padahal dia baru balik Jogja lagi akhir Mei kemarin.


Sumber gambar:
https://www.flickr.com/photos/156630625@N04/25695756347/

Akhir tahun 2017 akhirnya saya memutuskan untuk magang di sebuah start up bernama BSI. Hanya untuk membiasakan diri kerja disiplin. Harapannya setelah dua bulan magang disana, tiap hari saya di rumah langsung auto rajin, karena sudah terbiasa kerja tiap hari dari pagi sampai sore, hehe. Inginnya magang 2 bulan, sebulan setelah magang memutuskan untuk kerja disana, 1,5 bulan setelah kerja memutuskan untuk resign dari sana, hehe. Setelah berhenti kerjasama dengan teman saya yang sedang hamil dan tiap bulan keluar kota. Saya butuh pemodal pengganti. Syukur-syukur mau diajakin menjalankan bisnis juga.

Setelah scanning teman-teman di BSI yang sekiranya mau dan mampu menjadi pemodal saya ajak mbak putri, mbak putri gak langsung kasih jawaban, mau tanya suami dulu katanya. Beberapa hari setelahnya mbak putri bilang maaf ga bisa. Beberapa hari setelahnya ndilalah waktu maksi bareng gengnya Mas Mekel, si Satria nanyain soal bisnis saya dan bilang open buat kerjasama bisnis. Meskipun aku tahu Satria cuma basa basi, karena saya lagi butuh partner bisnis beneran, dia abis itu beneran saya ajakin. Pasti ga enak buat nolak wong dia dulu yang bilang open buat kerjasama bisnis, haha. Tapi ya, kerjasama kami hanya bertahan sehari saja, dia hanya berperan sebagai pemodal dulu.

23 Januari saya kembali menghubungi teman saya yang lagi di dekat kutub utara, sebut saja namanya Riana. Meskipun sistem belum siap yang penting mulai dulu ajalah. Butuh banget pemodal soalnya, syukur-syukur mau bantuin jalanin bisnis juga. Gpp lah koordinasi jarak jauh. Pikir saya waktu itu. Ngobrol-ngobrol, 27 Januari dia bilang selama disana bisa bantu, tapi nanti pas dah balik ke Jogja malah gak bisa lanjut lagi. Saya galau.
Saya baru kontak Riana Lagi 3 Februari, dibales besoknya 4 Februari. Tapi saya malah baru bales 7 Februari gara-gara kebutuhan bantuan modal yang semakin mendesak. Selain itu saya juga takut salah kata kalau asal langsung balas, takutnya bikin Riana jadi ilfeel. Saya harus cari waktu yang cukup selo untuk ngobrol lagi dengan kondisi hati yang cukup tenang dan siap, hehe. Takutnya bakal muncul banyak pertanyaan yang tidak bisa asal jawab. Biar gak ada salah kata. 7 Februari saya wa Riana setengah 9 malam. Kalau disana kira2 sedang jam 4 pm.

Saking tidak sabarnya karena butuh pinjeman modal saya hubungi teman lama saya jaman kuliah yg Januari kemarin sempat kontakan lagi, sebut saja namanya Wawa. 7 Februari jam 9nan malam. Dia oke buat ketemuan dulu tapi masalahnya kalau sore sampai malam ga bisa karena rumahnya belasan kilo jaraknya dari Jogja. Dia juga tipe orang yg gak suka direncanain dulu, sukanya tiba-tiba bilang dah di tkp. Sialnya, selalu kecele.

Eh, besoknya, 8 Februari, Riana wa saya. D
ia bilang mau delegasikan temannya yang di Jogja untuk gantiin dia jadi partner bisnis saya. Reny, seorang mamah muda, ibu rumah tangga yg punya satu baby kecil yang lucu. Jum'at 9 Februari 2018 saya ketemuan sama Reny, besok Sabtunya, 10 Februari 2018, kami fix langsung mulai kerja sama. 

Reny tinggal bareng mertuanya, rumahnya lumayan deket sama saya, berada di jalan yang biasa saya lewati kalau pp ke BSI. Cuma masuk dikit dari jalan raya. Hari Minggu, 11 Februari 2018 jadi lebih indah dari hari Minggu sebelumnya, karena saya sudah punya partner bisnis yang tidak hanya bersedia jadi pemodal tapi juga ikut menjalankan bisnis :)

Senin, 12 Februari 2018 Bimo bilang mau gabung. Kalau belum mulai sama Reny pasti saya sambut dengan antusias meskipun dia paling juga cuma basa basi bercanda doang. Tapi saya punya ide simbiosis mutualisme buat kami. Akhir Februari mbak Ika juga bilang minat buat gabung. Akhirnya setelah sistemnya cukup siap, Juli kemarin kami ketemuan, mbak Ika lanjut Bimo enggak. Saya cari yang bener-bener deal done soalnya. Ngajakin dulu meski cuma basa basi tetep jadi poin plus sih. Setidaknya sudah menunjukkan ke-mau-an.

Pagi, 13 Februari 2018 Wawa kontak, tanya jam istirahat saya di BSI. Tapi karena saya sudah partneran sama Reny, saya bilang istirahat dah ada agenda. Sore jam 5 kontak lagi, saya dimana, saat itu saya sudah di rumah Reny, habis dari BSI langsung mampir. Ternyata waktu itu posisi dia dah di dekat kantorku. Ada rasa bersalah sih. Tapi besoklah Wawa saya tawarin buat jadi salah satu dari 3 partner yg saya butuhkan buat jalanin bisnis aja, besok2 aja kalau sistemnya dah siap :).

Balik ke Reny, karena sistemnya belum siap dan yang penting mulai dulu, awalnya hampir setiap pulang dari BSI saya selalu mampir dulu ke rumah Reny buat transfer apa-apa yang harus dia ketahui dan kerjakan. Kita juga cuma asal bagi tugas tanpa ada target dan kontrol satu sama lain.

Duh, belum selesai.. tapi mau lanjut ntar lagi nulisnya, mau bobo dulu... Sementara postingan bersambung yaaa ~

Insyaallah bakal saya update lagi, kalau sudah saya anggap selesai saya share di G+.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saya Cocoknya Jadi Apa?

Setelah setahun lebih tidak pernah update di medsos, akhirnya 2 hari yang lalu @motivatweet kembali muncul di IG. Postingan keduanya di IG berhasil menarik jari-jari saya untuk ikut mengirimkan komentar :) Berikut postingannya: Berikut komentar saya: Paling Suka yang Mana? Saya jadi berfikir, apa sebaiknya saya fokus nulis di blog saja? Sebelumnya, akhir Juli lalu waktu saya meet up dengan sahabat saya, dia bilang, "Kamu tuh cocoknya jadi dosen." Membuat saya makin mantap untuk kembali berpikir, sebenernya saya cocoknya jadi apa sih? Kalau dosen sih kok kayaknya enggak 100% saya ya. Apakah ada profesi yang lebih cocok untuk saya dibanding menjadi seorang entrepreneur? Jika memang ada profesi lain yang lebih cocok untuk saya, tentu, start up saya tidak bisa saya tinggalkan begitu saja. Jujur, aslinya jualan online itu serunya minta ampun. Tapi seringkali saya malasnya juga minta ampun, hehe. Saya itu suka banget kalau disuruh bikin rencana, detail per bulan

Curhatan Pertama Saya di Semacam Buku Diary

Aktivitas beres-beres rumah seringkali tidak hanya membuat rumah kita menjadi lebih rapi dan lebih bersih. Apalagi jika kita sekalian bongkar-bongkar kardus yang berisi buku-buku atau kertas-kertas jadul. Terkadang kita menemukan foto atau apalah yang bisa membuat kita tertawa sendiri. Pada suatu ketika, sudah lama sih. Ingin nulis ini juga sudah lama, baru sekarang direalisasikan, hehe. Saya menemukan diary mbak dini, kakak saya yang nomor dua. Dia punya semacam buku diary kecil yang awalnya fungsi utamanya bukan buat diary maupun notes, tapi dipakai untuk mempersilakan teman-temannya mengisi biodata disana. Biasalah biodata yang ada mifa mafa sama pantun satu titik dua koma, wkwkkwk. Saya dulu ikut-ikutan nulis biodata disitu dengan tulisan acak adul saya, maklum masih SD waktu itu. Berikut tulisan biodata saya: Pada beberapa lembar setelahnya juga ada satu halaman yang berisi curhatan saya. Saya lupa tepatnya kapan saya curhat seperti itu, sepertinya ketika saya mas

Aku Didiagnosa Menderita Gangguan Jiwa

                 F31, kek singkatan namaku euy. Feni 3 1 hehe. KZL. Tapi ya gpp. Udah terlanjur. Ya malah aku syukuri, karena gejala bipolar hampir semua bisa mewakili kepribadianku saat ini. Jadi kalau kamu mau tanya kepribadianku kayak gimana kelebihan dan kekuranganku gimana, itu hampir semua ada jawabannya di list gejala bipolar awikwok.                 ODB punya kecenderungan kreatif, sering berlimpah ide-ide, berprestasi dan mempunyai IQ diatas rata-rata. Banyak tokoh terkenal dengan karya fenomenal ternyata adalah ODB, diantaranya adalah Isaac Newton, Vincent Van Gogh, dan Mozart. Mereka bisa menghasilkan masterpiece di saat mereka sedang dalam kondisi mania.                 Jangan-jangan IQ ku 132 karena aku ODB? Hehe. Jadi ODB berperan besar dalam proses bertelurnya karya-karyaku selama ini yang mengantarku kepada berbagai prestasi. Kalau disuruh milih, mau jadi ODB dg IQ tinggi atau jadi manusia normal dengan IQ sekitaran 100-119 aja? Aku juga bakal milih jadi ODB dg IQ t